Analisis Kebijakan Moneter Turkey: Apa yang Perlu Diketahui Trader Pemula

Analisis Kebijakan Moneter Turkey: Apa yang Perlu Diketahui Trader Pemula

Meskipun bank sentral Turkey (CBT) menghapus kalimat tentang pengetatan lebih lanjut dalam pernyataan bulanan terakhirnya, dan bahkan menyampaikan indikasi tentang pelonggaran moneter di masa depan, CBT masih mempertahankan sikap hawkish untuk jangka pendek dan tetap waspada terhadap perkembangan inflasi. Dalam konteks ini, data September tidak menunjukkan hal yang menggembirakan, seperti yang dicatat oleh analis FX Commerzbank, Tatha Ghose.

Proyeksi USD/TRY
Tatha Ghose memprediksi bahwa USD/TRY akan diperdagangkan di angka 34.50 pada akhir 2024. Data biaya hidup di Istanbul telah memperingatkan kita tentang kemungkinan kejutan kenaikan, dan data CPI nasional kemudian menunjukkan percepatan kembali pada harga inti. Tingkat perubahan tahunan untuk bulan September bahkan mendekati 50%, menunjukkan adanya inflasi dasar yang tinggi. Banyak komentator berpendapat bahwa ukuran CPI nasional ini bahkan cenderung meremehkan inflasi yang sebenarnya.

Dengan situasi fundamental yang tidak nyaman seperti ini, tidak ada alasan bagi CBT untuk beralih ke sikap dovish atau memangkas suku bunga dalam waktu dekat.

Kebijakan Ekonomi CBT
Patut dicatat, tim kebijakan ekonomi tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan ini, yang secara positif telah mengejutkan pasar. Dukungan Presiden Tayyip Erdogan juga terbukti menjadi kejutan yang menyenangkan. Komentar terbaru mengkonfirmasi bahwa CBT mungkin akan memilih untuk melakukan sterilisasi likuiditas atau langkah-langkah kuantitatif lainnya, tetapi tidak akan mengubah suku bunga acuan dengan tergesa-gesa.

Tentu saja, ada risiko di Turkey yang berkaitan dengan pandangan ini, namun untuk saat ini, risiko tersebut tampaknya tidak meningkat.

Fluktuasi Lira
Lira telah berfluktuasi lebih seperti nilai tukar bebas selama beberapa bulan terakhir, yang mungkin mencerminkan lebih sedikit intervensi oleh pembuat kebijakan dan lebih banyak integrasi dengan pasar dunia yang bebas - ini merupakan hal positif untuk neraca bank yang mendasari dan cadangan FX CBT. Namun, dalam pandangan kami, tren jangka menengah dari nilai tukar lira tetap menunjukkan depresiasi yang bertahap: proyeksi kami untuk USD/TRY pada akhir 2024 adalah 34.50.