Harga Emas Menarik Pembeli dan Mendapat Dukungan

Harga Emas Menarik Pembeli dan Mendapat Dukungan

Harga emas (XAU/USD) menarik pembeli yang mencari harga rendah dan didukung oleh berbagai faktor. Ketidakpastian politik di AS dan ketegangan di Timur Tengah menjadikan emas sebagai aset aman. Lingkungan kebijakan moneter yang lebih longgar juga membantu mengimbangi kenaikan imbal hasil obligasi AS dan menawarkan dukungan bagi harga emas. Saat ini, harga emas tetap bertahan di sekitar $2,735, sedikit di bawah puncak tertinggi yang dicapai sehari sebelumnya.

Dengan risiko geopolitik yang terus ada akibat konflik di Timur Tengah, ketidakpastian menjelang pemilihan presiden AS pada 5 November juga menjadi angin segar bagi logam mulia ini. Selain itu, ekspektasi pemotongan suku bunga oleh bank sentral besar dan penurunan nilai Dolar AS (USD) turut mendukung permintaan terhadap emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Sementara itu, harapan untuk penyesuaian kebijakan yang kurang agresif oleh Federal Reserve (Fed) membuat imbal hasil obligasi Treasury AS meningkat ke level tertinggi dalam hampir tiga bulan. Hal ini seharusnya membatasi penurunan USD dan membatasi keuntungan komoditas di tengah kondisi yang sedikit overbought.

Berita Pasar dan Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Sebuah proyektil yang melintasi Lebanon jatuh di area terbuka di Israel tengah, yang diikuti peringatan dari Israel mengenai serangan lebih lanjut terhadap Hezbollah setelah menargetkan operasi keuangan kelompok yang didukung Iran tersebut. Bank Sentral Eropa pada pekan lalu telah memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini, menandai pemotongan suku bunga yang beruntun untuk pertama kalinya dalam 13 tahun, dan memperhatikan lebih banyak pemotongan di tengah penurunan ekonomi.

Data inflasi yang lemah dari Inggris menguatkan semua taruhan untuk pemotongan suku bunga yang lebih agresif oleh Bank of England, sementara Federal Reserve juga diperkirakan akan menurunkan biaya pinjaman lebih lanjut. Survei menunjukkan bahwa Wakil Presiden Kamala Harris dan mantan Presiden Donald Trump bersaing ketat menjelang pemilihan presiden AS.

Selain itu, kekhawatiran yang meningkat bahwa kemenangan Donald Trump dapat memicu lebih banyak tarif yang dapat menyebabkan inflasi, menyebabkan penjualan besar-besaran pada utang pemerintah AS. Pasar sekarang sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan pemotongan suku bunga besar-besaran lainnya oleh Fed pada bulan November, sehingga mengangkat imbal hasil obligasi Treasury AS ke level tertinggi dalam hampir tiga bulan.

Analisis Teknikal Harga Emas

Dari perspektif teknis, kenaikan harga emas dalam dua minggu terakhir menunjukkan adanya saluran tren naik. Hal ini menunjukkan tren jangka pendek yang terjalin dan mendukung prospek untuk bergerak menuju tantangan resistensi saluran tren, yang saat ini berada di sekitar $2,750.

Namun, indikator Relative Strength Index (RSI) pada grafik harian dan 4 jam menunjukkan kondisi sedikit overbought dan memerlukan kewaspadaan. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu konsolidasi jangka pendek atau penarikan kecil sebelum trader mulai bersiap untuk melangkah lebih jauh.

Ini diikuti oleh area $2,720 yang sepertinya akan menemukan dukungan. Jika level ini dilanggar secara signifikan, harga emas dapat jatuh di bawah $2,700, menuju support di $2,685 yang seharusnya bertindak sebagai titik kunci. Jika terlampaui, hal ini dapat mempercepat penurunan menuju titik support di $2,662-2,661.

FAQ Suku Bunga

Apa itu suku bunga?
Suku bunga adalah biaya yang dibebankan oleh lembaga keuangan untuk pinjaman kepada peminjam dan dibayarkan sebagai bunga kepada penabung. Mereka dipengaruhi oleh suku bunga dasar, yang ditetapkan oleh bank sentral sebagai respons terhadap perubahan dalam ekonomi.

Bagaimana suku bunga memengaruhi mata uang?
Suku bunga yang lebih tinggi biasanya membantu memperkuat mata uang suatu negara karena membuatnya menjadi tempat yang lebih menarik bagi investor global.

Bagaimana suku bunga mempengaruhi harga emas?
Suku bunga yang lebih tinggi dapat menekan harga emas karena meningkatkan biaya kesempatan untuk memegang emas dibandingkan dengan aset yang memberikan imbal hasil.

Apa itu suku bunga Fed Funds?
Suku bunga Fed Funds adalah suku bunga semalam di mana bank-bank AS saling meminjam. Ini sering dijadikan acuan oleh Federal Reserve dalam pertemuan FOMC mereka.