Pemulihan Peso Meksiko Setelah Rilis Notulen Banxico yang Positif

Pemulihan Peso Meksiko Setelah Rilis Notulen Banxico yang Positif

Peso Meksiko (MXN) mengalami penguatan setelah rilis notulen rapat Bank Meksiko (Banxico) yang menunjukkan prospek ekonomi yang lebih baik. Presiden Sheinbaum mengirim utusan untuk bertemu dengan raksasa finansial AS, Dimon dan Fink. USD/MXN mencapai puncaknya dan kemudian mengalami penurunan setelah mini-rally-nya kehilangan tenaga. Pada hari Jumat, Peso Meksiko menguat dalam pasangan perdagangan yang paling aktif, melanjutkan momentum dari pemulihannya pada hari sebelumnya.

Peningkatan Peso Meksiko setelah Rilis Notulen Banxico

Peso Meksiko mengalami apresiasi setelah publikasi notulen rapat Banxico bulan September pada hari Kamis, di mana bank tersebut memutuskan dengan suara mayoritas untuk menurunkan target Suku Bunga Antarbentuk Semalam sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 10,50%. Hanya ada satu penentang, Jonathan Ernest Heath Constable. Berikut adalah sepuluh poin penting dari notulen tersebut:

  1. Sebagian besar mencatat bahwa proyeksi inflasi di Meksiko telah membaik.
  2. Perkiraan untuk inflasi keseluruhan dan inti sedikit diturunkan untuk beberapa kuartal mendatang.
  3. Inflasi komoditas makanan tercatat sebesar 3,95% dan non-makanan 1,69%, di mana kedua angka ini jelas di bawah rata-rata historisnya.
  4. Semua sepakat bahwa inflasi layanan terus menunjukkan ketahanan.
  5. Risiko seimbang terkait proyeksi inflasi menunjukkan kecenderungan ke arah atas.
  6. Seluruh anggota menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tetap solid.
  7. Kurva imbal hasil sekuritas pemerintah menunjukkan pergerakan turun, terutama pada jatuh tempo pendek.
  8. Sebagian besar mencatat adanya kontraksi dalam konsumsi barang impor, sementara nilai ekspor manufaktur, baik otomotif maupun non-otomotif, mengalami reaktivasi pada bulan Juli.
  9. Semua sepakat bahwa aktivitas produktif domestik sedang mengalami periode kelemahan, dan sebagian besar sepakat ada hilangnya dinamika yang terlihat sejak kuartal terakhir 2023.
  10. Informasi yang tersedia untuk awal kuartal ketiga menunjukkan beberapa rebound terkait permintaan domestik.

Administrasi Sheinbaum Menarik Minat Investor AS

Meski ada kekhawatiran investor mengenai outlook politik Meksiko setelah kemenangan koalisi Morena pada bulan Juni, tampaknya ada tanda-tanda bahwa pemerintahan Sheinbaum yang baru berusaha membangun hubungan dengan beberapa pemain besar dalam finansial global. Pada hari Kamis, Sekretaris Keuangan Meksiko, Rogelio Ramírez de la O, bertemu secara terpisah dengan CEO Blackrock, Larry Fink, dan CEO JP Morgan Chase, Jamie Dimon, sebagaimana dilaporkan oleh El Financiero.

Meskipun detail pertemuan tidak dipublikasikan, langkah ini dapat diartikan sebagai bagian dari offensif pesona oleh pemerintah Meksiko untuk menarik kembali kepercayaan investor.

"Sebelum kekacauan pemilihan, Dimon mengatakan pada bulan November lalu bahwa dia melihat 'kesempatan besar' di Meksiko, di tengah booming pabrik yang pindah ke negara tersebut untuk lebih dekat dengan Amerika Serikat, sebagai bagian dari tren bisnis yang dikenal sebagai nearshoring," kata El Financiero.

Analisis Teknikal: USD/MXN Mundur Setelah Puncak

USD/MXN menyentuh dasar saluran naik jangka panjangnya dan pulih pada tanggal 4 Oktober. Namun, tren kenaikan yang baru dimulai ini telah berbalik setelah mencapai puncaknya di 19,62 pada hari Kamis. Harga kini kembali turun menuju dasar saluran dan rata-rata bergerak sederhana (SMA) 50-hari.

Walaupun demikian, tren kenaikan jangka pendek USD/MXN kemungkinan masih utuh, dan harga bisa saja pulih serta terus naik dalam saluran yang mendaki. Lebih jauh lagi, tren jangka menengah dan panjang tetap optimis, dan mengingat prinsip analisis teknikal bahwa "tren adalah temanmu," kondisi ini mendukung kemungkinan kelanjutan tren naik ketika siklus bullish yang lebih panjang dimulai.

Patah di atas puncak 19,62 akan melihat USD/MXN melanjutkan tren naik dan mencapai target berikutnya di 19,83 (puncak 1 Oktober). Namun, jika menembus di bawah 19,31 (rendah 9 Oktober), ini akan menjadi sinyal bearish yang menunjukkan kemungkinan bahwa tren naik jangka pendek telah berakhir dan tren datar atau lebih bearish sedang berkembang.

Pertanyaan Umum tentang Peso Meksiko

Apa faktor kunci yang mempengaruhi Peso Meksiko?

Peso Meksiko (MXN) adalah mata uang yang paling banyak diperdagangkan di antara rekan-rekannya di Amerika Latin. Nilainya secara luas ditentukan oleh kinerja ekonomi Meksiko, kebijakan bank sentral negara tersebut, jumlah investasi asing di negara itu, dan bahkan tingkat pengiriman uang yang dikirim oleh warga Meksiko yang tinggal di luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Bagaimana keputusan Banxico berdampak pada Peso Meksiko?

Tujuan utama bank sentral Meksiko, atau yang dikenal sebagai Banxico, adalah menjaga inflasi pada tingkat yang rendah dan stabil (di atau dekat target 3%, yang merupakan titik tengah dari rentang toleransi antara 2% dan 4%). Untuk mencapai hal ini, bank menentukan tingkat suku bunga yang tepat. Ketika inflasi terlalu tinggi, Banxico akan berusaha menekannya dengan menaikkan suku bunga, yang membuat pinjaman lebih mahal sehingga mengurangi permintaan dan ekonomi secara keseluruhan.

Bagaimana data ekonomi mempengaruhi nilai Peso Meksiko?

Rilis data makroekonomi sangat penting untuk menilai keadaan ekonomi dan dapat mempengaruhi penilaian Peso Meksiko (MXN). Ekonomi Meksiko yang kuat, berdasarkan pertumbuhan ekonomi tinggi, pengangguran rendah, dan kepercayaan tinggi, baik untuk MXN. Namun, jika data ekonomi lemah, kemungkinan besar MXN akan terdepresiasi.

Bagaimana sentimen risiko yang lebih luas mempengaruhi Peso Meksiko?

Sebagai mata uang pasar berkembang, Peso Meksiko (MXN) cenderung menguat selama periode risiko yang rendah, di mana investor merasa nyaman untuk berinvestasi dalam aset yang lebih berisiko. Sebaliknya, MXN cenderung melemah pada saat ketidakpastian pasar atau gejolak ekonomi.