Pertumbuhan GDP Tiongkok Kuartal Ketiga 2024 Sesuai Harapan

Pertumbuhan GDP Tiongkok Kuartal Ketiga 2024 Sesuai Harapan

Pertumbuhan GDP Tiongkok pada kuartal ketiga 2024 mengikuti ekspektasi konsensus dengan angka mencapai 4.6% secara tahunan (y/y) dan 0.9% secara kuartalan (q/q sa). Menurut perkiraan Bloomberg, angka tersebut diharapkan berada di 4.5% y/y dan 1.1% q/q, sementara UOB memperkirakan 4.7% y/y dan 1.1% q/q.

Data bulan September menunjukkan adanya peningkatan dalam momentum ekonomi, tetapi pasar perumahan masih belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Ekonom dari UOB Group, Ho Woei Chen, mencatat bahwa moderasi pertumbuhan GDP kuartal ketiga 2024 sejalan dengan ekspektasi konsensus. Pertumbuhan GDP Tiongkok tahun ini tercatat sebesar 4.8% hingga saat ini.

Pertumbuhan GDP nominal masih berada di bawah pertumbuhan GDP riil, menandakan bahwa tekanan deflasi belum sepenuhnya mereda, hal ini juga terlihat dari angka CPI dan PPI di bulan September.

Data bulan September sebagian besar positif dengan percepatan produksi industri, penjualan ritel, dan investasi aset tetap perkotaan, sementara tingkat pengangguran turun secara tidak terduga. Namun, penurunan terus-menerus dalam harga properti dan nilai penjualan memberikan dampak negatif pada prospek pemulihan ekonomi.

Kami mempertahankan proyeksi pertumbuhan Tiongkok pada angka 4.9% tahun ini dan 4.6% pada tahun 2025. Antisipasi juga meningkat menjelang pertemuan Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) akhir bulan ini, yang akan mengumumkan rincian stimulus fiskal setelah proses persetujuan. Hal ini akan berdampak pada proyeksi pertumbuhan Tiongkok, terutama untuk tahun depan.