USD/JPY Terus Mengalami Kenaikan: Analisis Tren dan Potensi Penarikan

USD/JPY Terus Mengalami Kenaikan: Analisis Tren dan Potensi Penarikan

USD/JPY terus menunjukkan kenaikan dalam tren jangka pendek dan kemungkinan jangka menengah. Meskipun demikian, pasangan mata uang ini terlihat telah overbought menurut indikator Relative Strength Index (RSI), yang dapat menyebabkan adanya penarikan sementara menuju level support. Sejak mencapai titik terendah di angka 140 pada pertengahan September, USD/JPY telah secara konsisten mengalami kenaikan. Saat ini, pasangan ini berada di kisaran 149 dan tampaknya telah membentuk tren naik jangka pendek – dan kemungkinan juga jangka menengah.

Dalam analisis pasar, prinsip "tren adalah teman Anda" sangat berperan, dan peluang untuk melanjutkan kenaikan nampaknya lebih besar.

Grafik 4-Jam USD/JPY

Target berikutnya berada di level 151.09 dan pada Rata-Rata Bergerak Sederhana (SMA) 200 hari (tidak ditampilkan), diikuti oleh garis tren utama di angka 151.80-an. Meskipun pasangan ini menunjukkan overbought menurut indikator RSI, hal ini mengisyaratkan bahwa para pemegang posisi panjang sebaiknya tidak menambah posisi mereka, mengingat adanya risiko penarikan.

Jika RSI tetap di zona overbought, ini akan menandakan adanya koreksi yang mungkin akan terjadi, kemungkinan besar menuju level support di angka 149.40 atau 148.32 jika koreksi lebih dalam terjadi.